Jumat, 11 Januari 2019

QUIZ 1 KONSEP DASAR SIM DAN STRUKTUR SIM

NAMA :TEGAR IMAM MAULANA
NIM :SI13160015
JURUSAN :SISTEM INFORMASI
  1. Jelaskan pengertian sistem, informasi, manajemen dan Sistem Informasi Manajemen. (jelaskan menggunakan kata-kata masing-masing) bobot 20%;
Jawaban:
              Ø Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul   bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu
Ø Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan atau Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ni atau mendukung sumber informasi
Ø Manajemen adalah Suatu Proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.
Ø Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang dipakai dalam pengolahan dan pengorganisasian data serta informasi yang mempunyai kebermanfaatan dan digunakan sebagai pendukung keberjalanan tanggung jawab
  1. Sebutkan dan jelaskan pengaruh SI dalam suatu organisasi. (jelaskan menggunakan kata-kata masing-masing) bobot 20;
Jawaban:
Sistem informasi digunakan untuk mendukung operasi manajemen yang dilakukan oleh suatu organisasi agar lebih evisien.
1. Memberikan kualitas data yang tersaji secara tepat waktu bagi para pengguna.
2. Organisasi memakai sistem informasi guna memproses transaksi-transaksi dalam organisasi dan agar terlihat lebih lengkap.
3. Mengembangkan perencanaan yang efektif.
4. Guna mendukung pengambilan keputusan.
5. Guna perencanaan yang strategis, tujuannya guna mengembangkan strategi suatu organisasi.
6. Menyediakan bagi yang mengelola organisasi data maupun yang menyangkut dengan pelaksanaan tugas organisasi.
7. Guna meneliti kebutuhan-kebutuhan keterampilan sebagai pendukung sistem informasi.
  1. Sebutkan dan jelaskan komponen fisik sistem informasi manajemen (SIM). (jelaskan menggunakan kata-kata masing-masing) bobot 20;
Jawaban:
Beberapa komponen sistem infomrasi manajemen secara fisik merupakan semua peralatna fisik yang dibutuhkan sistem informasi manajemen agar bisa jalan.
1. Perangkat keras (hardware)
Perangkat keras adalah salah satu komponen sistem informasi manajemen yang harus ada dalam mengerjakan suatu system.
Contoh: smartphone, printer, komputer dll.
2. Perangkat lunak (software)
Perangkat lunak ini tidak berupa fisik, tapi berupa file dan aplikasi aplikasi yang mengisi perangkat keras yang mendukung berjalannya sistem informasi manajemen.disini perangkat lunak inilah yang akan memberikan perintah atau instruksi kepada perangkat keras bagaimana dia akan dijalankan.
Perangkat lunak didalammya ada data yang telah diformat, disimpan, termasuk program aplikasi komputer, dokumentasi dan berbagai data yang bisa ditulis dan dibaca oleh perangkat keras.
3. Database
Database atau basis data merupakan tempat menyimpan data dan informasi yang berupa fila file yang berisi data dan program perusahaan yang dikumpulkan dan disimpan secara sistematis sedemikian rupa sehingga bisa dengan mudah diakses oleh para penggunanya.
Aplikasi perangkat lunak yang biasanya dipakai untuk mengelola basis data tersebut disebut dengan database management system (DBMS).
4. Prosedur
Prosedur adalah komponen fisik yang berupa panduan atau instruksi dalam menjalankan sistem informasi manajemen. Prosedur pengoperasian umumnya berupa instruksi penyiapan data dan instruksi petunjuk pengoperasioan hardware dan software.
Prosedur bisa berisi tentang kebijakan metode yang akan dipakai, peraturan peraturan dalam penggunaan sistem informasi manajemen yang berbasis teknologi informasi.
5. Personel
Personel merupakan komponen yang menjalankan dan mengoperasikan semua komponen fisik lainnya diatas, mulai dari mengadakan hardware, menjalankan software dan mematuhi prosedur. Dari semua itu sumber daya manusia dalam sistem informasi manajemen bisa terdiri dari pakar sistem dan pengguna informasi.
Contohnya operator, analis sistem, programer, staf dan lainnya.
6. Jaringan data
Jaringan data adalah gabungan beberapa seperangkat hardware dan software yang telah didesain sedemikian rupa sehingga bisa saling berbagi informasi, komunikasi dan akses data dari beberapa tempat sekaligus antara satu bagian dengan bagian yang lain dalam sebuah perusahaan.
Dengan adanya jaringan data, maka pertukaran data bisa dengan mudah dilakukan, komunikasi antar lini diperusahaan bisa dilakukan dengan cepat, akses data dan informasi yang lebih efisien dan diberikan dalam waktu yang cepat dan terupdate.
  1. Manusia sebagai pengolah informasi, jelaskan pernyataan tersebut menurut kata-kata masing-masing) bobot 20;
Jawaban:
Pada dasarnya sistem informasi manajemen adalah sistem manusia/mesin. Karena itu manusia adalah elemen penting dalam sistem pengolahan informasi.
Sebuah model sederhana mengenai manusia sebagai pengolah informasi terdiri dari indra penerima ( mata, telinga, hidung dsb ) yang menerima isyarat dan meneruskannya kepada unit pengolah ( otak dengan penyimpanan ). Hasil olahan adalah respon / tanggapan keluaran ( secara fisik, ucapan, tulisan dan sebagainya ).
Akan tetapi kapasitas manusia dalam menerima masukan dan menghasilkan keluaran (tanggapan) sangatlah terbatas. Bila sistem pengolah manusia dibebani melampaui batas, tingkat tanggapannya akan berkurang.
Contoh:seorang operator bangunan,jika diberikan terlalu banyak kegiatan maka tidak seorang operator tidak tau mana yang arus dilakukan terlebih dahulu.
  1. Sebutkan dan jelaskan sistem informasi berbasis komputer. (jelaskan menggunakan kata-kata masing-masing) bobot 20;
Jawaban:
Jika berbicara masalah tentang teknologi pada zama sekarang teknologi sangat berkembang pesat. Dalam kehidupan sehari-hari manusia dapat dikatan pengguna peralatan atau teknologi berbasis komputer. Manusia sangat memerlukan yang namanya informasi untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Oleh karena itu banyak peneliti yang menciptakan berbagai berbagai macam alat yang berbasis komputer dan canggih yang ditujukan untuk memudahkan manusia dalam khususnya untuk mencari informasi.
A. Pengolahan Data Akuntansi (Information Accounting System)
suatu sistem dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk penyiapan Informasi yang diperoleh dari pengumpulan dan pengolahan data transaksi yang berguna bagi semua pemakai baik di dalam maupun di luar perusahaan
B. Sistem Informasi Manajemen (Management Information System)
sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.
C. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System)
sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi yang pas saat mengerjakan suatu system.
D. Kantor Virtual (Virtual Office)
Yang di maksud dengan kantor virtual adalah ruang kerja yang beralokasi penuh dengan duniau internet,dimana seorang dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dalam melakukan atau pengembnagn system komputer.
E. Sistem Berbasis Pengetahuan (Knowlegde Based System)
Sistem ini merupakan system yang menggunakan pengetahuan,nasehat,dan bisa memberikan masukan, agar komputer dapat menyelesaikan seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar